top of page

Group

Public·109 members
Daniel Fedoseev
Daniel Fedoseev

Analysis Swot Diri Sendiri Pdf Download ^NEW^


This management and business SWOT analysis template plays with shades of green, blue and gray to suggest trustworthiness, which is underscored in the balanced rectangle design. A monthly fee for 20 PPT template downloads starts at 49.99 USD. Seven-day free trial available.




Analysis Swot Diri Sendiri Pdf Download



Buat apa sih menganalisis diri sendiri bagi mahasiswa? dan bagaimana caranya? Caranya adalah dengan melakukan analisis SWOT untuk diri sendiri sebagai mahasiswa supaya ketika masa kuliah tidak merasakan rugi setelah lulus. Analisis SWOT ini bermanfaat untuk kita menyelesaikan kuliah dengan baik dan memaksimalkan potensi.


Melakukan analisis SWOT untuk diri sendiri menjadi hal penting bagi siapa saja, termasuk juga bagi mahasiswa. Melalui jenjang pendidikan tinggi, setiap mahasiswa sudah ada dalam proses mengenal jati dirinya dan mengenal kelebihan maupun kelemahannya.


Semakin dini mengetahui ingin menjadi apa di masa mendatang semakin memudahkan mahasiswa untuk sukses. Baik sukses dalam menjalani perkuliahan maupun ketika berkarir atau mendirikan perusahaan sendiri pasca wisuda.


SWOT merupakan salah satu bentuk metode analisis terhadap kelebihan dan kekurangan yang dimiliki sekaligus tantangan yang akan dan sudah harus dihadapi. SWOT sendiri pada dasarnya adalah singkatan dari empat kata yang dikenal dengan empat elemen.


Kelebihan wajib dikenal atau diketahui dan disadari di awal saat proses analisis kemampuan diri sendiri. Supaya bisa tahu apa yang bisa dikembangkan, aset apa yang dimiliki untuk mencapai suatu tujuan, dan sebagainya.


Lalu, bagaimana mengetahui kekuatan diri sendiri? Mulailah dulu dengan mencari tahu apa yang paling disukai oleh diri sendiri selaku mahasiswa. Selain itu, cek juga prestasi apa yang dimiliki selama menempuh pendidikan dan itu bentuknya apa atau di bidang apa?


Dalam tahap ini, mahasiswa yang bersangkutan perlu bersikap jujur dan objektif. Dalam artian, sadar betul apa kelebihan yang dimiliki dan diakui atau diamini juga oleh orang sekitar. Entah itu keluarga sendiri, teman kost, atau teman kuliah.


Sama seperti kelebihan, setiap orang dijamin memiliki kelemahan atau kekurangan. Meskipun ada beberapa orang yang tidak menyadarinya, bisa karena memang karakternya yang narsis bisa juga karena belum pernah melakukan analisis terhadap diri sendiri.


Jika kelemahan sudah teridentifikasi dengan baik, maka akan memudahkan mahasiswa untuk mengetahui solusi terbaik. Jadi, proses analisis SWOT terhadap kelemahan adalah hal penting dan dijamin tidak akan merasa rendah diri setelahnya. Hal ini terjamin karena tujuannya untuk mencari solusi bukan menyalahkan diri sendiri.


Elemen ketiga dalam analisis SWOT untuk diri mahasiswa adalah opportunity atau peluang. Yakni proses untuk menganalisis adanya peluang atau kesempatan yang menguntungkan bagi diri sendiri selaku mahasiswa.


Analisis terhadap peluang tidak hanya bisa dilakukan saat masuk ke perguruan tinggi. Bisa juga selama menjalani proses perkuliahan, sebab bisa jadi peluang muncul menjelang masa kelulusan. Sebab dunia kerja sendiri ada beberapa profesi yang dulunya dipandang sebelah mata dan kemudian berubah menjadi primadona.


Melakukan analisis SWOT untuk diri sendiri bisa dipertimbangkan, yaitu dengan menganalisis sejumlah 4 elemen yang dijelaskan sebelumnya. Proses ini terkesan membuang waktu, padahal sebenarnya tidak. Sebab bisa membantu mengenal diri sendiri dan memilih atau menyiapkan masa depan yang baik.


Tujuan melakukan analisis SWOT tentu saja untuk mengetahui kekuatan atau kelebihan yang dimiliki selama kuliah. Mengetahui hal ini sangatlah penting untuk memudahkan diri sendiri mengenal potensi dan melihat peluang dengan lebih mudah.


Tidak sedikit mahasiswa yang gagap dalam mengenal kelebihan yang dimiliki diri sendiri. Sebab merasa rendah diri atau selama ini memang tidak pernah menerima pujian. Hal ini lumrah, dan jika dialami maka analisis SWOT perlu dilakukan.


Kelemahan ini akan menciptakan lebih banyak ancaman yang merugikan diri sendiri. Analisis SWOT untuk diri sendiri akan membantu menyadarinya lebih cepat. Sehingga mulai merancang strategi untuk bisa mengatasi kelemahan tersebut.


Melakukan analisis SWOT untuk diri sendiri penting untuk dilakukan, hal ini bisa memudahkan setiap mahasiswa sukses mencapai tujuan hidupnya. Jadi, bagi siapa saja yang masih aktif kuliah bisa mulai melakukan analisis satu ini (Penulis: Puji)


Bukan hanya untuk bisnis, analisis SWOT juga dapat digunakan untuk diri sendiri. Analisis SWOT diri sendiri berguna untuk menganalisa nilai yang ada pada diri sendiri. Atau dikenal pula sebagai analisis SWOT personal.


Analisis SWOT diri sendiri adalah cara untuk menilai diri sendiri berdasarkan kelebihan, kelemahan, kesempatan yang dimiliki, dan tantangan. Analisis SWOT kepribadian diri sendiri dapat digunakan untuk berbagai hal, terutama untuk karir dan pekerjaan.


Tentu saja bisa, karena yang paling paham mengenai karakter diri sendiri adalah kamu sendiri. Ketika kamu bisa mengenali diri sendiri, kamu bisa menilai kinerja, persaingan, risiko, dan potensi yang ada pada diri sendiri.


Perbedaan antara analisis SWOT untuk bisnis dengan SWOT diri sendiri terletak pada kegunaannya. SWOT bisnis digunakan untuk mengetahui peluang bisnis dari segi kelebihan produk, kelemahan produk, persaingan pasar, dan peluang bisnis. Sedangkan SWOT diri sendiri berguna untuk mengenal diri sendiri yang dapat mempengaruhi tindakan dan rencana dalam kehidupan sehari-hari, maupun dalam bisnis.


Sepertinya yang sudah dikatakan sebelumnya, analisis SWOT pribadi digunakan untuk menilai diri sendiri dan membantu mengetahui peluang karir ke depan. Kamu harus menganalisa SWOT diri sendiri ketika ingin mengembangkan karir kamu, atau ketika baru memulai karirmu.


Interview atau wawancara kerja merupakan kegunaan paling penting untuk analisis SWOT personal. Ketika kamu diwawancara, biasanya akan ditanya apa kelebihan dan kelemahan kamu. Untuk menjawabnya, kamu bisa menganalisis SWOT untuk diri sendiri sebelum wawancara, dan menjabarkan contoh strength and weakness diri sendiri.


Untuk itu, kamu bisa menggunakan SWOT diri sendiri untuk membantu kamu menentukan apa yang ingin kamu lakukan setelah lulus nanti, dan langkah apa yang harus kamu ambil. SWOT dalam diri sendiri ini juga membantu kamu mengeliminasi aspek yang tidak berhubungan dengan diri kamu, dan mengembangkan potensi yang kamu miliki.


Kandidat perusahaan biasanya diminta untuk menganalisis diri mereka sendiri sebelum bekerja. Terkadang bisa menjadi kurang nyaman, karena kamu harus menjabarkan kelebihan serta kelemahan. Tapi dengan analisis SWOT pribadi yang baik, kamu dapat mengenal diri sendiri dengan baik sehingga bisa memanfaatkan segala kelebihan dan memperbaiki kekurangan diri sendiri.


Kamu tidak membutuhkan pemicu spesifik untuk mengevaluasi hidupmu, terkadang memang membutuhkan perubahan untuk menjadi lebih baik. Jika kamu merasa bosan, dan merasa puas akan keadaan pribadi kamu, kamu bisa analisis SWOT kepribadian diri sendiri untuk menemukan apa yang harus diubah dan bagaimana cara mengubahnya.


Sama halnya dengan analisis SWOT, analisis SWOT untuk diri sendiri juga meliputi empat aspek utama, yaitu Strength (S), Weakness (W), Opportunity (O), dan Threat (T). Sebelum memulai membuat analisis SWOT tentang diri sendiri, kamu bisa memperhatikan aspek berikut:


Kelemahan bisa jadi penghambat kesuksesan. Tapi dengan kelemahan ini, kamu bisa menjadi versi terbaik dari diri kamu dengan mengetahui kelemahan kamu dan memperbaikinya. Cobalah untuk terbuka dengan diri sendiri perihal kelemahan ini. Coba pikirkan kelemahan kamu dengan menjawab pertanyaan berikut:


Opportunity atau kesempatan merupakan peluang yang berkaitan dengan faktor eksternal yang dapat memberi motivasi bagi diri sendiri. Peluang ini bisa juga hadir karena kelebihan yang kamu miliki. Misalkan kelebihan kamu memiliki nilai akademis yang baik, maka kamu bisa merumuskan peluang dengan mendapatkan beasiswa. Berikut beberapa contoh pertanyaan untuk merumuskan peluang SWOT dalam diri sendiri:


Threat merupakan ancaman dari faktor eksternal yang dapat menghambat kamu meraih tujuan. Ancaman ini bisa saja muncul dari kelemahan yang kamu miliki. Namun dengan menganalisis ancaman ini, kamu masih punya peluang untuk menghindarinya sebelum terjadi. Misalkan, kelemahan kamu kurang percaya diri, maka akan muncul ancaman kamu melewatkan banyak kesempatan bekerja yang membutuhkan kepercayaan diri yang baik. Berikut pertanyaan yang dapat kamu tanyakan pada diri sendiri untuk melihat ancaman:


Cara membuat analisis swot diri sendiri tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu mengenal diri sendiri lebih jauh. Cara paling efektif adalah dengan mengidentifikasi tujuan, mengenali kelebihan, kelemahan, memprediksi peluang, dan melihat ancaman yang bisa terjadi.


Analisis bisa jadi sangat sulit jika tujuannya tidak jelas. Kamu bisa membuat tujuan yang sederhana dan mudah dicapai. Misalkan ingin menjadi karyawan terbaik tahun ini, atau menjadi mendapatkan peringkat lima besar di sekolah. Sebelum menganalisis SWOT diri sendiri, kamu harus memiliki tujuan agar analisis yang kamu lakukan lebih terarah.


Kamu bisa mencatat apa saja kelebihan yang kamu miliki, bisa berupa hal yang berwujud maupun tidak berwujud. Contoh SWOT diri sendiri untuk mengidentifikasikan kelebihan adalah kamu bisa mengoperasikan Ms. Office atau mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.


Kamu juga harus menganalisis kelemahan yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan pertanyaan diatas untuk merumuskannya. Contoh analisis SWOT untuk diri sendiri ini ialah pengalaman kerja terbatas atau memiliki pengetahuan yang terbatas mengenai digital marketing. Usahakan untuk mengidentifikasikan kelemahan secara detail agar kamu tahu cara untuk meningkatkannya.


Ancaman memang merupakan sesuatu yang ingin dihindari. Oleh karena itu, jika kamu bisa menganalisisnya dari awal, kamu bisa menghindari ancaman di masa mendatang. Contoh analisis diri sendiri untuk memprediksi ancaman adalah munculnya pesaing yang lebih menguasai digital marketing.


Tahap pertama ialah menentukan daftar kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Kemudian temukan peluang dan ancaman berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Contoh SWOT diri sendiri sebagai mahasiswa bisa diidentifikasikan berdasarkan jurusan yang kamu ambil saat ini. 350c69d7ab


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Members

Group Page: Groups_SingleGroup
bottom of page